Matematika Sebagai Bahasa Dasar Ilmu Pengetahuan



Matematika adalah bahasa dasar ilmu pengetahuan. Dengan bantuannya, persoalan yang rumit dapat di buat jelas dan sederhana sehingga mudah di cari pemecahannya.
Matematika merupakan cabang ilmu yang berdiri sendiri. Untuk mempelajarinya,seseorang tidak perlu mempelajari ilmu lain terlebih dahulu. Dengan mempelajari Matematika, orang akan lebih mudah mempelajari ilmu lainnya.

Penggunaan Matematika tidak terbatas pada ilmu alam juga, seperti fisika, kimia, dan teknik, tetapi dapat juga meliputi ilmu social, seperti ekonomi, dan kependudukan.
Pada dasarnya, Matematika dapat dibagi menjadi tiga cabang utama, yaitu aljabar, analisis, dan geometri. Selain itu, ada beberapa ilmu yang dianggap cabang Matematika, yaitu statistika, peluang, computer, aseomatika, dll.

Aljabar atau ilmu hitung adalah ilmu yang mempelajari bilangan atau bahkan huruf. Analisis adalah cabang Matematika terbesar dan bermanfaat besar dalam memecahkan masalah keteknikan. Ia mempelajari fungsi atau hubungan antara dua kiuantitas, sedangkan geometri mempelajari titik, garis, sudut, dsb.

Namun banyak orang yang beranggapan bahwa pelajaran Matematika itu adalah pelajaran yang membosankan. Orang mengatakan demikian karena orang tersebut menilai bahwa pelajaran Matematika itu sulit. Namun jika kita memperhatikan pelajaran tersebut pasti akan terasa mudah.

Saya pun pernah beranggapan seperti demikian, namun setelah mencoba untuk memperhatikan pelajaran Matematika setiap guru saya masuk mengajar, ternyata Matematika itu tidak sulit. Kita hanya bisa beranggapan bahwa pelajaran Matematika itu sulit dan membosankan namun kita tidak pernah mencoba untuk memehaminya. Maka dari itu melalui artikel ini saya ingin menepis anggapan bahwa pelajaran Matematika itu sulit dan membosankan.

2 Responses to "Matematika Sebagai Bahasa Dasar Ilmu Pengetahuan"