Pengertian Intelektual


 Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui apa itu Intelektual. Intelektual dalam kamus besar Bahasa Indonesia berarti cerdas, berakal, dan berpikiran jernih berdasarkan ilmu pengetahuan. Adapun menurut para ahli antara lain sebagai berikut :

1.    Intelektual merupakan suatu kumpulan kemampuan sesorang untuk meperoleh ilmu pengetahuan dan mengamalkannya dalam hubungannya dengan lingkungan dan maslah-masalah yang timbul (Gunarsa, 1991).

2.    Adrew Crider (dalam azwar, 1996) mengatakan bahwa intelektual itu bagaikan listrik, mudah diukur tapi mustahil untuk didefenisikan. Kalimat ini banyak benarnya. Tes intelegensi sudah dibuat sejak sekitar delapan decade yang lalu, akan tetapi sejauh ini belum ada defenisi intelektua yang dapat diterima secara universal.

3.    Alfred Binet (dalam irfan, 1986) mengemukakan bahwa intelegensi adalah suatu kapasitas intelektual umum yang antara lain mencakup kemampuan-kemampuan:
a.    Menalar dan menilai
b.    Menyeluruh
c.    Mencipta dan merumuskan arah berfikir spesifik
d.    Menyesuaikan fikiran pada pencapaian hasil akhir
e.    Memiliki kemampuan mengeritik diri sendiri

4.    Menurut spearman (dalam irfan, 1986; mangkunegara, 1993) aktifitas mental atau tingkah laku individu dipengaruhi oleh dua factor, yaitu factor umum dan factor khusus dengan kemampuan menalar secara abstrak.

5.    David Wechsler (dalam Azwar, 1996) mendefenisikan intelektual sebagai kumpulan atau totalitas kemampuan seseorang untuk bertindak dengan tujuan tertentu, berfikir secara rasional, serta menghadapi lingkungan secara efektif.




8 Responses to "Pengertian Intelektual"

  1. udah saya follow blognya, follow juga blogku gan ini alamatnya http://arham07.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Gan ada sumber referensinya gak artikelnya?

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya intelektual itu apakah berhubungan dengan cerdas?

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya intelektual itu apakah berhubungan dengan cerdas?

    ReplyDelete
  5. Apakah seorang intelektual berfikir dan memutuskan sebuah keputusan yang benar atas sebuah permasalahan. Lalu apakah mencari kebenaran hanya bisa di logikan ? Sekian dan terima kasih

    ReplyDelete
  6. Apa intelektual juga sama halnya dengan pendapat para ulama??? Terima kasih

    ReplyDelete