Keselarasan Antara Pengetahuan Dengan Tindakan


Sekarang saya akan posting tentang “Keselarasan antara pengetahuan dengan tindakan “. Sebelumnya saya akan menjelaskan apa yang di maksud dengan “Pengetahuan dan Tindakan”. Pengetahuan dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti ilmu, sedangkan tindakan berarti perbuatan. Jadi pengetahuan dan tindakan adalah ilmu yang di sertai dengan perbuatan.
Namun menurut saya pengetahuan yaitu seseuatu yang kita ketahui baik dalam hal positif maupun negative. Pengetahuan dapat  diperoleh dari sekolah, lingkungan, dan pengalaman. Sedangkan tindakan menurut saya yaitu bagaimana cara kita mengaplikasikan ilmu kita dalam sebuah perbuatan. Tindakan merupakan penggerak ilmu. Pengetahuan tidak berarti tanpa di sertai dengan tindakan, dan begitu pula sebaliknya.
Akan tetapi banyak orang yang hanya memiliki pengetahuan secara teori saja sedangkan prakteknya kurang. Nah tentu hal ini akan mengakibatkan ketidakseiimbangan antara “Pengetahuan dan Tindakan” . Tentunya jika ingin sukses pada bidang tertentu kita harus menyeimbangkan antara ilmu dan perbuatan. Pernah kah anda melihat orang yang sekolahnya tinggi dan berpendidikan namun menganggur.Tentunya banyak orang yang seperti itu. Hal ini di karenakan orang tersebut tidak dapat mengaplikasikan ilmunya pada sebuah tindakan yang benar.
Lebih jelasnya nilai yang menjanjikan pada masa sekolah belum tentu memuaskan pada saat kita bekerja. Di dunia ini banyak orang pintar dalam tanda kutip “berpengetahuan” akan tetapi tidak semua dari mereka yang berhasil, banyak pula yang mengganggur. Ini di karenakan pengetahuan secara teori saja tidak cukup melainkan harus di sertai dengan sebuah tindakan.

Pengetahuan tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya tindakan.
Fikri Anugrah

4 Responses to "Keselarasan Antara Pengetahuan Dengan Tindakan"

  1. bermanfaat sekali sob, silahkan follback blog saya http://kabarbaru95.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. benar tuh sob, teori banyak praktek kurang akhirnya hanya banyak omong doang. he...he...
    banyak membaca kurang mikir juga jadi kurang efektif
    banyak pengetahuan tapi kurang niat .. apa ya....
    salam blogger

    ReplyDelete