Definisi Museum



Museum adalah tempat penyimpangan benda artistik dan pendidikan bagi keperluan umum. Benda yang disimpan itu disebut Koleksi. Koleksi museum terdiri atas spesimen yang berupa karya seni, bebatuan bumi, teknologi, makhluk hidup, peninggalan bersejarah, dll.

 Ada 4 macam museum , yaitu museum seni, sejarah, ilmu pengetahuan, dan umum. Museum seni mengoleksi karya lukisan, patung,dan karya seni lain. Museum seni yang ada di Indonesia antara lain Museum Affandi di Yogjakarta,Dullah di Solo,dan Neka di Ubud. Museum sejarah mengoleksi benda sejarah, seperti singgasana,mahkota, dan kendaraan raja. Museum Ilmu Pengetahuan mengoleksi hasil pengetahuan, misalnya Museum tekstil, museum zoologi.
( Museum Affandi,yogjakarta )

 Pengololaan museum dilakukan swasta, lembaga pendidikan, atau pemerintah. Di Indonesia pengelolaan museum, pada umumnya dilakukan pemerintah. Misalnya, Museum Nasional Fatahillah di Jakarta. Beberapa Museum dikelola oleh swasta, misalnya Museum Seni Affandi di Yogjakarta dan Museum Adam Malik di Jakarta. Fungsi Museum, antara lain untuk menambah koleksi baru, memelihara koleksi yang ada, dan salah satu sumber penelitian. Koleksi yang masuk harus dikelompokkan dan diberi tanda. Koleksi yang ada harus dipelihara kelestariannya.

10 Responses to "Definisi Museum"

  1. disemarang museumnya apa aja gan..?

    ReplyDelete
  2. Se tau saya museum yg trkenal di semarang namanya Museum Mandala Bhakti

    ReplyDelete
  3. belum pernah masuk ke museum-museum,
    pernah ke museum yng ada dimakassar, tp ngak sempt masuk, sedang ada renovasi :D

    ReplyDelete
  4. Hehehehe
    Mampir aja ke Museum Saoraja Mallangga, yg ada di Sengkang, Wajo

    ReplyDelete
  5. wah, makasih infonya ya mas, menambah pengetahuan saya.. oya, kalau berkenan mungkin mas bisa membaca artikel blog saya di http://belajarblogdanseo.blogspot.com/2013/05/cara-memulai-blog-dengan-benar.html .... terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  6. rasanya jadi makin senang adanya musium kita bisa liat barang peninggalan yg sangat berharga, thanks

    ReplyDelete
  7. Banyak sisi keunikan yang bisa kita angkat untuk memperkenalkan dunia museum lebih bisa dinikmati dan disenangi oleh para generasi muda ya Kang.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  8. Sarana yang tepat untuk memperkenalkannya yaitu melalui Blog

    ReplyDelete