Konfigurasi Elektron


 Atom tersusun atas proton, neutron, dan elektron. Proton dan neutron terdapat dalam inti atom, sedangkan elektron selalu bergerak mengelilingi inti atom. Menurut Bohr, dalam mengelilingi inti atom, elektron berada pada kulit-kulit(lintasan) tertentu.
 Pertanyaannya, bagaimanakah keberadaan elektron-elektron (banyak) di dalam atom? Apakah semua elektron pada atom berelektron banyak berada dalam satu kulit tertentu atau tersebar merata pada setiap kulit atau ada aturannya? Pertanyaan ini semua akan dijawab dalam konfigurasi elektron.


Konfigurasi Elektron
 Nomor atom suatu unsur menyatakan jumlah proton dalam inti atom. Jika atom unsur itu bersifat netral secara listrik maka jumlah proton sama dengan jumlah elektron. Dengan demikian, nomor atom menyatakan jumlah elektron pada atom netral.
 Elektron-elektron dalam atom berelektron banyak akan menghuni kulit  menurut aturan tertentu. Aturan ini dikembangkan berdasarkan hasil perhitungan secara kuantum. Berdasarkan hasil perhitungan, keberadaan elektron-elektron dalam atom menghuni kulit-kulit dengan aturan berikut.
 1. Kulit pertama maksimum dihuni oleh 2 elektron.
 2. Kulit kedua maksimum dihuni oleh 8 elektron.
 3. Kulit ketiga maksimum dihuni oleh 18 elektron.
 4. Kulit keempat maksimum dihuni oleh 32 elektron.

0 Response to "Konfigurasi Elektron "

Post a Comment