Contoh dan Cara Menulis Surat Dinas Yang Baik dan Benar

Perbedaan surat dinas dengan surat pribadi selain telah dikemukakan di atas, juga terletak pada kertas suratnya. Pada surat pribadi tidak mengenal kepala surat, untuk itu alamat pengirim harus ditulis secara lengkap.

Salam pembuka dalam surat dinas menggunakan kata ‘dengan hormat,’ ‘bapak yang terhormat,’ ‘tuan ... yang terhormat,’ ‘Assalamualaikum w.w.’

Kata salam dalam surat dinas tergantung kepada kedudukan pengirim surat terhadap orang yang dikiriminya surat. Secara umum biasanya menggunakan kata ‘Hormat kami.’ Sedangkan bagian inti surat berisi berita, pernyataan, pertanyaan, perintah, permohonan, dan sebagainya.

Lalu, bagaimanakah dengan bahasa yang digunakan dalam surat dinas? Apakah sama dengan bahasa dalam surat pribadi?

Dalam surat dinas walaupun pembuat suratnya dari instansi yang berbeda tetap menggunakan bahasa yang resmi, yaitu bahasa Indonesia yang disesuaikan dengan ejaan yang berlaku, sedangkan format baku dalam surat dinas adalah sebagai berikut:

1) kepala surat            
2) nomor
3) hal
4) lampiran
5) tanggal pembuatan surat
6) alamat yang dituju
7) salam pembuka (tidak harus ada)
8) isi surat
9) salam penutup (tidak selalu ada)

10) nama terang, tanda tangan pengirim surat

Contoh Surat Dinas yang baik dan benar :

SURAT PERINTAH KERJA
Nomor:

Yang bertanda tangan di bawah ini:

1. nama : ......................... 
    jabatan : Pemimpin Proyek Pembinaan Kurikulum dan Pengadaan Buku Sekolah Bahasa Indonesia, menurut Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No..................
Selanjutnya disebut pihak pertama.

2. nama : ........................
    jabatan : ........................
    alamat : ........................
Selanjutnya disebut pihak kedua.
Pihak pertama memberikan perintah kerja kepada pihak kedua, berupa pembuatan setting naskah buku: ..................... 
Pihak pertama dan ketua telah mengadakan persetujuan pelaksanaan pembuatan setting naskah sebagai berikut:

1. Pihak kedua telah membuat surat penawaran harga pembuatan setting, dengan,
2. Proyek menerima hasil setting berupa film positif sesuai dengan ukuran  huruf dan bidang cetak
    yang sudah ditetapkan,
3. Korektor hasil setting adalah tim proyek,
4. Pembuatan film positif, sesudah hasil setting disetujui proyek,
5. Jumlah biaya setting sampai film sebesar: perlembar, termasuk biaya korektor
6. Penyelenggaraan pekerjaan tersebut harus dijalankan sesuai dengan persetujuan dan petunjuk-
    petunjuk dari pihak pertama.

Demikian surat perintah kerja ini dibuat untuk dipergunakan dan dilaksanakan, sebagaimana mestinya.
 
                                                                                                                          Dibuat di Jakarta
Pada tanggal tersebut di atas


pihak kedua                                                                                                                         pihak pertama
yang menerima perintah kerja                                                                                                yang memberi perintah kerja
tanda tangan                                                                                                                        tanda tangan


0 Response to "Contoh dan Cara Menulis Surat Dinas Yang Baik dan Benar"

Post a Comment