Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam membuat surat lamaran, selain isi, bahasa dan keterangan-keterangan yang dilampirkan, pembuat surat lamaran juga harus memperhatikan hal-hal berikut:

1. Tulisan

Jika tidak diisyaratkan, surat lamaran boleh ditulis dengan tangan atau dengan mesin tik. Baik tulisan tangan maupun berujud ketikan hendaknya jelas, bersih dan tidak ada coretan. Tinta yang digunakan sebaiknya berwarna hitam.

2. Bentuk dan Kertas

Surat lamaran harus ditulis dengan bentuk yang baik, sesuai dengan sistem penulisan surat resmi yang berlaku. Kertas yang digunakan dalam surat lamaran harus bersih dan sebaiknya kertas folio bergaris untuk tulisan tangan dan kertas HVS untuk ketikan. Sebagai bahan perbandingan, cermati contoh surat lamaran pekerjaan berikut!

  
Surat lamaran yang dibuat hendaknya disajikan semenarik mungkin baik dari segi bahasa (efektivitas, penyesuaian dengan ejaan yang berlaku, jelas, komunikatif, dan tidak menimbulkan makna ganda/ambigu), segi isi (tidak mengiba kepada perusahaan, isinya jelas dan tidak berbeli-belit), segi struktur (memperhatikan sistematika penulisan dan penyajian, serta menempatkan bagianbagian dari surat lamaran pekerjaan secara jelas).
  
Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah unsur-unsur surat lamaran pekerjaan yang tergambar pada bagan berikut ini.

   
 Perhatikan pula penjelasan berikut!
 
1. Tempat dan tanggal pembuatan surat, hal tersebut dibuat sesuai dengan saat pembuatan surat 
2. Lampiran, diletakkan terpisah dengan surat lamaran yang dapat berupa fotokopi ijazah terakhir, surat berkelakuan baik, dll.  
3. Hal merupakan perihal melamar pekerjaan.  
4. Alamat yang dituju, yaitu alamat yang menjadi tujuan surat lamaran  
5. Salam pembuka, bentuknya bermacam-macam, seperti Dengan hormat, Assalamualaikum Wr. Wb. Namun, dalam surat lamaran pekerjaan cukup ditulis dengan “Dengan hormat.”  
6. Isi, terdiri dari: 
- alasan melamar (latar belakang penulisan surat lamaran pekerjaan) 
- identitas pelamar (data pribadi, pendidikan, riwayat pengalaman) 
- penutup 
7. Salam Penutup, merupakan salam terakhir bagi penulis surat lamaran terhadap perusahaan/instansi, dapat berupa “Hormat Saya” 
8. Tanda tangan pelamar 
9. Nama terang pelamar

0 Response to "Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Pekerjaan"

Post a Comment