Tokoh Komunis Cina



Mao Ze Dong atau Mao Tse Tung lahir tahun 1893 di Shau-Shan, Cina, yaitu saat Dinasti Chi'ing berkuasa sejak abad ke - 17. Revolusi di Cina pecah ketika ia berusia 19 tahun. Akan tetapi, pemimpin revolusi tidak mampu mendirikan pemerintahan yang kompak dan stabil. Oleh karena itu, revolusi ditandai oleh keresahan dan perang saudara hingga tahun 1949.

  Ia mulai berpolitik dengan aliran Komunis pada usia 27 tahun. Pada umur 28 tahun, ia dan teman-temannya mendirikan Parta Komunis Cina dan jabatan ketua di pangkunya ketika ia berusia 42 tahun. Sebelum kepemimpinannya, partai bergerak lambat dan penuh kesulitan.

  Pada tahun 1947, ia memulai bergerak untuk menumbangkan Pemerintahan Partai Nasionalis pimpinan Chiang Kai-Sek. Pasukan komunis mendapat kemenangan pada tahun 1949 dan menguasai mutlak seluruh daratan Cina. Pada tanggal 1 Oktober 1949 , Republik Rakyat Cina lahir.

  Saat Mao berkuasa, penduduk Cina sangat miskin dan buta huruf. Ketika ia wafat, Cina sudah terombak total karena mangalami moderisasi di berbagai bidang, khususnya industrialisasi,pendidikan ,dan kesehatan.

 Sisten ekonominya pun berubah, yaitu dari sistem kapitalis ke sistem sosialis. Perombakan itu dilakukan secara ketat dan keras. Mao berhasil meggerakkan revolusi ekonomi,politik, dan sosial hanya dalam tempo 25 tahun. Sayang pada akhir kekuasaanya, Mao melakukan revolusi kebudayaan yang membuat Cina terbelakang. Program Lompatan Jauh ke Depannya pun mengalami kegagalan.

0 Response to "Tokoh Komunis Cina"

Post a Comment